0 di keranjang

No products in the cart.

CS ( Ardi ) : 0813-3339-9636

CS ( Selly ) : 0823-3664-8700

Tips Merawat Rambut Panjang agar Tetap Sehat dan Tidak Kusam

Memiliki rambut panjang, sehat dan tidak kusam merupakan idaman sebagian besar perempuan. Namun untuk mendapatkannya, seringkali dibutuhkan usaha dan perawatan yang lebih ekstra.
Perempuan yang memiliki rambut panjang biasanya rentan mendapat berbagai masalah rambut; seperti rambut rontok, bercabang, hingga mudah patah. Masalah-masalah rambut itu memang harus diakali dengan berbagai cara. Seperti dengan memakai produk perawatan rambut (masker, vitamin, hingga serum) untuk menangkal berbagai kerusakan.
Sayangnya, pemakaian produk-produk perawatan rambut saja dirasa belum cukup. Anda harus melakukan cara lain agar rambut panjang tetap sehat dan tidak kusam. Melansir dari Times of India, berikut kumparanWOMAN rangkum lima cara merawat rambut panjang agar tetap sehat, berkilau dan tidak kusam.
1. Memotong ujung rambut secara rutin
Ujung rambut merupakan bagian yang paling rentan mengalami kerusakan. Jika Anda membiarkan bagian (ujung rambut yang rusak) itu tetap tumbuh, maka kemungkinan kerusakan juga bisa merambat ke bagian rambut lain (yang masih sehat).
Potong rambut
Untuk mengatasi masalah ini, Anda disarankan untuk memotong ujung rambut secara rutin. Biasanya, waktu ideal untuk memotong ujung rambut adalah setiap 10-12 minggu sekali. Sedangkan, jika Anda sering menggunakan catokan waktu ideal memotongnya adalah setiap 6-8 minggu sekali.
2. Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah
Menyisir rambut merupakan kegiatan rutin yang pasti dilakukan para perempuan. Hindari melakukan kegiatan ini saat rambut masih basah karena berisiko membuat rambut jadi mudah patah.
Sebaliknya, Anda bisa mengeringkan rambut dengan handuk yang lembut lalu menyemprotkan vitamin khusus untuk melindungi permukaan rambut. Setelah rambut mulai mengering, sisirlah rambut dari bagian akar hingga ke ujung.
3. Hindari keramas terlalu sering
Keramas memang bisa membersihkan rambut dari berbagai macam kotoran. Sayangnya, terlalu sering melakukan kegiatan ini justru bisa menghilangkan kandungan minyak alami pada rambut. Akibatnya, rambut jadi mudah rusak, tipis, hingga tak lembut lagi.
Waktu yang disarankan untuk melakukan kegiatan ini adalah 2-3 hari sekali. Saat keramas, cucilah rambut Anda dengan air hangat (untuk membuka pori-pori di kulit kepala) lalu bilas dengan air dingin (untuk menutup pori-pori tadi).
com-Merawat rambut.
4. Keringkan rambut dengan cara yang sehat
Gunakanlah handuk berbahan microfiber untuk menyerap air saat rambut basah. Handuk berbahan microfiber sendiri dipercaya bisa membuat rambut cepat kering, karena mampu menyerap air dengan cepat. Berkat kemampuannya dalam menyerap air dengan cepat, Anda tidak perlu lagi menggosok rambut dan kepala dengan keras-keras.
Selain itu, jika Anda sering menggunakan pengering rambut (seperti hairdryer), gunakanlah alat tersebut sejauh 6 inchi (sekitar 15 sentimeter) dari kulit kepala. Selain itu, gerakkan alat tersebut secara terus-menerus untuk menghindari suhu panas di satu area.
5. Terapkan gaya hidup sehat
Mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin, ternyata bisa meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Selain itu, makanan yang kaya akan protein dan lemak baik (seperti salmon, alpukat, kacang, hingga sayuran) bisa menumbuhkan rambut lebih kuat.
Selain menerapkan pola makan sehat, Anda juga disarankan untuk berolahraga secara teratur untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, mendorong pertumbuhan rambut, hingga mengurangi stress (yang jadi penyebab rambut rontok).
.
.
.
yuk lakukan konsutasi untuk rambut sehatmu
whatsapp di 085646679318